Bupati Humbahas Hadiri Rapat Pendeta HKBP di Silangit dan Paparkan Program Pembangunan

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE didampingi Kadis Sosial Frans Judika Pasaribu menghadiri Rapat Pendeta HKBP (Huria Kristen Batak Protestan)

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE didampingi Kadis Sosial Frans Judika Pasaribu menghadiri Rapat Pendeta HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit Kecamatan Siborongborong Tapanuli Utara, Selasa (17/10/2023).

Rapat pendeta mengambil tema, ‘HKBP Proaktif Menghadirkan Kebaikan Allah Bagi Semua’ (Matius 5:45). Subtema, “Pendeta HKBP berkomitmen memperbaharui diri untuk profesional menghadirkan kebaikan Allah dalam semua aras pelayanan HKBP tanpa diskriminatif dan rasis.

Hadir juga Kapok Sahli Pangdam I/BB Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI Dr Jeane Marie Tulung STh MPd, Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan. Hadir 2000-an Pendeta HKBP dari seluruh wilayah pelayanan HKBP di Indonesia dan luar negeri.

Dalam Aturan dan Peraturan HKBP 2002, rapat seperti ini berlangsung sekali dalam dua tahun. Frekuensi pengadaan rapat yang cukup intens menunjukkan betapa urgennya rapat pendeta HKBP yang fokus membahas dan mengevaluasi tentang pengajaran dan kegiatan-kegiatan berkenaan dengan teologi dan dogma. Melalui rapat ini, para pendeta HKBP menggumulkan upaya untuk merelevansikan tugas-tugas pelayanan HKBP dalam konteks kehidupan bersama masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam Rapat Pendeta 2023 itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar menyampaikan bimbingan pastoral di hadapan para pendeta dan undangan.

Bupati Humbahas mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Rapat Pendeta HKBP yang berlangsung 16-20 Oktober 2023. “Kiranya Rapat Pendeta HKBP membawa berkat bagi bangsa dan negara. Dan Tuhan memberkati dalam memberikan tugas-tugas pelayanan terkhusus di tubuh HKBP,” katanya.

Pangan, Stunting, Pendidikan

Dalam kesempatan itu di hadapan para pendeta, Dosmar memaparkan program-program pembangunan di Kabupaten Humbahas. Di mana Presiden RI telah memprogramkan ‘food estate’ di Humbahas dan masyarakat sudah merasakan hasilnya.

Program food estate atau lumbung pangan, merupakan kebijakan pemerintah, dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Kebijakan Presiden Jokowi ini bahkan menjadi salah satu kebijakan yang masuk dalam Program Strategis Nasional.

Terkait dengan stunting, Pemkab Humbahas menggandeng seluruh elemen masyarakat termasuk para pendeta untuk sama-sama menurunkan angka stunting. “Stunting di Humbahas 8,4%. Sama-sama semua turun ke bawah. Mana-mana yang perlu ditangani, karena mereka sebagai generasi penerus,” katanya.

Dalam bidang pendidikan, Humbahas merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang menjadi pusat metode pembelajaran matematika dengan metode Gasing (gampang, asik dan menyenangkan). Program ini telah menjadi perhatian dari pemerintah pusat. Sehingga sangat berdampak terhadap anak didik yang samakin mudah dalam pembelajaran matematika.

Begitu juga dengan pertanaman jagung, sudah menjadi primadona dan mendongkrak perekonomian masyarakat di Humbahas. “Bertanam jagung, modal murah dan harga cenderung meningkat,” katanya.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment